Jenis-Jenis Bentuk Diskusi dan Penjelasannya

Apakah anda sering terlibat perbincangan dengan sekumpulan orang untuk membicarakan satu problem yang khusus? Bisa saja hal tersebut anda tengah berdiskusi.

Apa yang dimaksud dengan pengertian diskusi dan jenis bentuk diskusi? diskusi bisa dipahami menjadi satu aktivitas dimana sekumpulan orang duduk bersama-sama serta mengulas problem yang spesifik lewat cara bersama-sama bertukar pikiran antara satu orang dan juga orang yang lain yang di sampaikan dengan lisan dengan maksud untuk mencari perjanjian atau kesepahaman bersama.

Dalam aktivitas diskusi tersebut tiap-tiap peserta yang sedang diskusi diinginkan bisa bertindak aktif dengan turut dan menyumbangkan himbauan atau gagasan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk seluruh peserta yang ada.

Ide atau pendapat yang di sampaikan dalam aktivitas diskusi ini sebaiknya berbentuk objektif serta menjunjung tinggi nilai kebenaran. Dengan begitu diskusi mampu berjalan dengan baik.

bentuk diskusi

Maksud Diskusi

Maksud diskusi pada umumnya adalah untuk menjangkau hasil bersifat perjanjian terhadap suatu hal atau pemecahan pada suatu problem. Pada umumnya, kesimpulan yang diperoleh dari diskusi ini bisa di ambil lewat penalaran deduktif ataupun induktif.

Kesimpulan ini di ambil berdasar pada realita data dan opini yang sudah tepat. Dalam membuat kesimpulan ini, ide yang di sampaikan dalam diskusi juga menjadi hal yang sanat penting. Ide atau pendapat ini mesti berbentuk logis yang di dukung dengan argumen dan bukti serta kenyataan. tentu saja ide atau pendapat yang di sampaikan bisa memberikan keyakinan peserta diskusi yang lainnya.

Jenis Bentuk Diskusi

Diskusi pada intinya bisa terdiri kedalam sebagian jenis bentuk. Jenis bentuk diskusi mencakup diskusi grup, seminar, simposium atupun diskusi panel dan lain-lain. apaun jenis jenis diskusi yang sering kita kenal :

1. Diskusi Kelompok

2. Diskusi Panel

3. Seminar

4. Symposium

6. Kongres

7. Konferensi

8. Sarasehan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *